Gerak Jalan Tradisional Gendewa 2018

Gendewa merupakan Gerak Jalan Tradisional Legendaris yang pernah populer di tahun ‘70-80\\\'an. Awalnya, Gendewa singkatan dari Prigen, Dayurejo dan Chandra Wilwatikta yang kemudian dimodifikasi menjadi \\\'Gerak Jalan Daerah Wisata\\\'. Seiring dengan program Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk mengenalkan Tretes sebagai daerah wisata keluarga unggulan sekaligus peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke 87 tahun 2015, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tretes Taman Wisata, Kecamatan Prigen kembaIi menggelarnya untuk menandai bangkitnya Gerak Jalan tersebut setelah 26 tahun lalu terakhir diadakan pada tahun 1989.

Gendewa akan dilaksanakan pada hari Minggu (20/10/2018) dengan titik start dan finish di Jl Wilis Taman Wisata, Kecamatam Prigen. Peserta akan menempuh rute sepanjang kurang lebih 20 KM, diantaranya melewati Desa Ledug, Sukolilo, Durensewu, Pasar Wisata Mlaten, Plintahan, Taman Candra Wilwatikta menuju arah Prigen.  

Gerak jalan tersebut di ikuti oleh 2 kategori yaitu perorangan dan beregu dan beraneka ragam kreativitas kostum yang mereka kenakan, Semua peserta diberangkatkan terdiri dari beberapa kloter-kloter. Bagi Anda yang berminat dapat mendaftar mulai tanggal 25 September sampai 25 Oktober 2018 di beberapa tempat pendaftaran yang telah ditentukan. Diantaranya, di Jl Kedurus 2A Karangpilang di 081335276180 (Ika)

Untuk meramaikan event Gendewa, pihak penyelenggara juga menyajikan Bazaar UKM, Lomba Mewarnai Anak-Anak, Parade Pecut dan Parade Musik Gendewa yang akan menambah semarak acara gerak jalan tradisional kebanggaan warga Kabupaten Pasuruan tersebut. Berikut hadiah jutaan rupiah bagi peserta yang beruntung. (Eka Maria)

  • About Us

    BAKOHUMAS (Badan Koordinasi Humas Pemerintahan) adalah wadah koordinasi seluruh humas pemerintah (departemen), lembaga negara dan BUMN yang saat ini anggotanya berjumlah 183 instansi, tidak termasuk humas di daerah (Provinsi dan kabupaten/kota) Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah memiliki peranan dan fungsi membantu pemerintah dalam melancarkan arus informasi antar lembaga pemerintah, dan antara pemerintah dengan masyarakat melalui koordinasi dan kerjasama antar humas Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen, TNI, POLRI, BUMN, serta Perguruan Tinggi Nasional.