Workshop Bakohumas Jatim I (17/10/17)

Secara umum hubungan masyarakat (humas, public relations) adalah bagian dari kegiatan manajemen yang dilakukan secara berkesinambungan oleh organisasi/lembaga untuk memelihara citra serta membentuk opini yang positif dari lembaganya, oleh karena itu dalam rangka mendukung pelaksanaan Government Public Relations (GPR) di era keterbukaan informasi publik, insan humas Pemerintah yang tergabung dalam Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (BAKOHUMAS) diharapkan mampu menyiapkan informasi yang berkaitan dengan pendidikan kemasyarakatan yaitu memenuhi informasi yang mendidik, mencerahkan dan memberdayakan bagi masyarakat.

Sebagai upaya meningkatkan pemberitaan positif lembaga pemerintah perlu di imbangi dengan peningkatan kompetensi insan humas pemerintah. Dengan meningkatkannya kompetensi diharapkan para Humas pemerintah mampu menginformasikan kegiatan dan keberhasilan masing – masing lembaganya sebagai wujud prestasi kinerja lembaga khususnya kinerja lembaga pemerintah.

Oleh karena itu di tahun 2017, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur disamping menyelenggarakan Forum Bakohumas juga menyelenggarakan Workshop Bakohumas  bidang jurnalistik yang merupakan salah satu program kegiatan untuk peningkatan kompetensi Humas Pemerintah.

Dengan mendatangkan 2 (dua) orang nara sumber masing – masing dari Harian Jawa Pos dan Harian Surya diberikan materi terkait bidang jurnalistik yaitu manajemen media juga penyusunan dan produksi berita. Dengan demikian tujuan untuk meningkatkan pehamanan dan ketrampilan anggota humas pemerintah bidang jurnalistik diharapkan akan menumbuhkan inisiatitif bagi anggota humas pemerintah untuk menyusun dan memproduksi media atau informasi kehumasan yang mudah dipahami serta dimengerti masyarakat.

  • About Us

    BAKOHUMAS (Badan Koordinasi Humas Pemerintahan) adalah wadah koordinasi seluruh humas pemerintah (departemen), lembaga negara dan BUMN yang saat ini anggotanya berjumlah 183 instansi, tidak termasuk humas di daerah (Provinsi dan kabupaten/kota) Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah memiliki peranan dan fungsi membantu pemerintah dalam melancarkan arus informasi antar lembaga pemerintah, dan antara pemerintah dengan masyarakat melalui koordinasi dan kerjasama antar humas Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen, TNI, POLRI, BUMN, serta Perguruan Tinggi Nasional.