Workshop Bakohumas Jatim II (04/12/17)

Workshop Bakohumas di penghujung tahun 2017 diselenggarakan sebagai wujud tindak lanjut Forum Humas Pemerintah (BAKOHUMAS) lingkup Kabupaten/kota di Jawa Timur yang telah diselenggarakan pada tanggal 13 Nopember 2017. Workshop ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur dan produktifitas kinerja Badan Koordinasi Kehumasan (BAKOHUMAS) di Jawa Timur. Aparatur dan produktifitas kinerja Bakohumas perlu didukung oleh keahlian dan ketrampilan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolanya.

Media sebagai salah salah satu sarana penyebaran informasi Bakohumas saat ini berkembang menjadi media online, oleh karena itu SDM Bakohumas perlu untuk dibekali dengan ilmu tentang bagaimana mengelola media online.

Pembekalan wawasan dan keterampilan bagaimana membuat dan mengelola media online dan social media secara efektif diharapkan dapat mendukung tugas dan fungsi anggota Bakohumas sebagai Government Public Relation (GPR).

Dua orang narasumber masing – masing dari Harian Kompas dan Net TV memberikan materi yang sangat relevan dengan kebutuhan ketrampilan SDM Bakohumas. Materi pertama dengan bahasan bagaimana menulis berita dilengkapi dengan foto- foto pendukung  yang menarik dalam media jurnalistik disampaikan oleh Sdr. Ambrosius Harto Manumoyoso yang akrab dipanggil “Mas Bro” dari harian Kompas dan materi kedua yang tidak kalah menariknya disampaikan oleh “Cak Mus” panggilan akrab Kepala Biro Net TV Jawa Timur Sdr. Muhammad Mustika dengan bahasan Tips dan Video Jurnalistik.

Dengan dilaksanakan workshop ini anggota Bakohumas diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan kemampuan lebih dalam lagi mengenai kehumasan khususnya dalam bidang penulisan berita, fotografi dan video jurnalistik. Dengan workshop ini juga anggota Bakohumas di Jawa Timur diharapkan mampu mengemas konten pemberitaan institusi/lembaganya dilengkapi dengan fotografi dan video jurnalistik yang tentunya akan menambah nilai positif suatu berita. Sehingga pada akhirnya konten berita tersebut dapat lebih menarik dan dinikmati oleh lebih banyak masyarakat sebagai audiens.

  • About Us

    BAKOHUMAS (Badan Koordinasi Humas Pemerintahan) adalah wadah koordinasi seluruh humas pemerintah (departemen), lembaga negara dan BUMN yang saat ini anggotanya berjumlah 183 instansi, tidak termasuk humas di daerah (Provinsi dan kabupaten/kota) Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah memiliki peranan dan fungsi membantu pemerintah dalam melancarkan arus informasi antar lembaga pemerintah, dan antara pemerintah dengan masyarakat melalui koordinasi dan kerjasama antar humas Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen, TNI, POLRI, BUMN, serta Perguruan Tinggi Nasional.