Iprahumas Jatim Resmi Dikukuhkan

Pengurus Cabang Ikatan Pranata Humas (Iprahumas) Jatim resmi dikukuhkan oleh Staf Kepresidenan Ariani Djalal saat Konvensi Humas Pemerintah Tahun 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Kamis (21/4). Provinsi Jatim merupakan pengurus cabang pertama tingkat pemerintah provinsi yang telah dikukuhkan.

Dalam pengukuhan, Ariani Djalal memasangkan pin dan menyerahkan bendera pataka Iprahumas Jatim kepada Ketua Iprahumas Jatim Eko Setiawan. Masa Kerja kepengurusan Iprahumas Jatim berlangsung selama tiga tahun dari 2016-2019.

Eko Setiawan yang juga Pranata Humas Ahli Pertama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim membawahi berbagai bidang antara lain bidang organisasi dan keanggotaan, riset dan pengembangan budaya literasi, advokasi profesi, media dan komunikasi publik, kerjasama dan hubungan antar-lembaga, iprahumas muda.

Seusai pengukuhan, Ketua Iprahumas Jatim Eko Setiawan menyampaikan bahwa dengan terbentuknya Pengurus Cabang Iprahumas Jawa Timur diharapkan eksistensi pejabat fungsional pranata humas akan semakin tampak kedepannya.

"Selama ini kontribusi pejabat fungsional pranata humas masih di bawah permukaan padahal secara fungsi, pranata humas dapat memainkan peran yang sangat strategis di era keterbukaan informasi publik dan kemajuan teknologi informasi seperti saat ini," tegasnya.

Eko juga menyebutkan bahwa Iprahumas Jawa Timur ini dapat menjadi wadah bersama untuk membedah lebih lanjut kelemahan yang selama ini dihadapi oleh humas pemerintah seperti masih tumpang tindihnya kewenangan pengelolaan komunikasi publik di pemerintah daerah antara Dinas Kominfo dan Biro Humas atau belum diposisikannya humas secara lebih strategis di struktural pemerintahan.

"Dalam hal ini kita masih sedikit tertinggal dibanding rekan-rekan kepolisian yang punya struktur humas sampai tingkat Polsek. Di pemerintahan daerah, struktur humas berhenti sampai pada biro atau bagian humas, tidak sampai tingkatan SKPD," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Iprahumas Indonesia Endah Kartikawati menyampaikan selamat bertugas dan menjalankan amanah kepada seluruh pengurus cabang Iprahumas yang telah dikukuhkan. "Selamat atas keberhasilan berhimpunnya pengurus cabang Jawa Timur, sebagai provinsi yang punya pranata humas terbanyak di Indonesia," katanya.

Endah berpesan, Iprahumas adalah organisasi profesi yang kinerjanya non struktural dan non APBD sehingga diperlukan daya kreasi yang tinggi. "Seperti yang kami lakukan (Iprahumas pusat), dasar kerjanya kami secara sukarela. Dengan sukarela apa yang dilakukan menjadi lebih ringan," tegas pranata humas asal Kementerian Pertanian ini.

"Beri masukan atas peraturan menteri melalui bidang-bidangnya dan segera bikin program kerja," sambungnya.

Selain Provinsi Jatim, Pengurus Cabang Iprahumas yang telah dikukuhkan lainnya yakni Lembaga Administrasi Negara dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

  • About Us

    BAKOHUMAS (Badan Koordinasi Humas Pemerintahan) adalah wadah koordinasi seluruh humas pemerintah (departemen), lembaga negara dan BUMN yang saat ini anggotanya berjumlah 183 instansi, tidak termasuk humas di daerah (Provinsi dan kabupaten/kota) Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah memiliki peranan dan fungsi membantu pemerintah dalam melancarkan arus informasi antar lembaga pemerintah, dan antara pemerintah dengan masyarakat melalui koordinasi dan kerjasama antar humas Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen, TNI, POLRI, BUMN, serta Perguruan Tinggi Nasional.